The Peak: Sajian Visual hong Kong



The Peak atau juga disebut sebagai Victoria Peak, merupakan sebuah bangunan yang berbentuk lengkung pada bagian vertikalnya dengan dilapisi bahan metal pada seluruh bidang permukaannya, memberikan kesan sebuah bangunan yang sangat futuristik. Pencapaian lokasi ini dilakukan dengan menggunakan funicular dengan kemiringan lebih dari empat puluh lima derajat.

Namun, bagi saya yang membuat bangunan ini menjadi istimewa adalah ruang yang disediakannya, sebuah ruang dengan perbedaan elevasi yang sangat tinggi dengan Central, Hong Kong. Dari puncak bangunan, sajian visual seolah merangkul seluruh bangunan yang ada di Hong Kong. Berbagai bangunan tertinggi di dunia, termasuk Bank of China karya I.M.Pei pun tersaji secara visual.

Dari ruang ini pula, kita dapat menyaksikan relasi antara lingkungan alam dengan lingkungan binaan yang sangat kontras, namun tetap dapat berdampingan dengan baik. Dalam kondisi langit yang cerah, informasi visual pun akan semakin luas menjangkau, Victoria Harbor, Tsim Sha Tsui, Kowloon, sampai pada hijaunya kawasan New Territories. (monang)

No comments:

Post a Comment